PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Ikhsan Candra Prayuda
Putry Agung
Ali Mashari
Ahmad Tohir

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh teknik Ice Breaking terhadap minat belajar peserta didik kelas II SD Negeri 21 Negeri Katon Kabupaten Pesawaran. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian ini adalah SD Negeri 21 Negeri Katon Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Populasi dari penelitian ini berjumlah 19 siswa kelas II SD Negeri 21 Negeri Katon. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 orang siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen jenis angket yang digunakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh teknik ice breaking terhadap minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan bawa terdapat pengaruh teknik ice breaking terhadap minat belajar siswa kelas II SD Negeri 21 Negerikaton Kabupaten Pesawaran.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Ikhsan Candra Prayuda, Putry Agung, Ali Mashari, & Ahmad Tohir. (2022). PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.40

References

    Arimbawa, K., Suarjana, M., & Arini, N.W. (2017). Pengaruh Ice Breaker Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 5 (2).
    Asfuriyah,S., & Nuswowati, M. (2015). Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal Vol. 4 No. 1.
    Fauzan, & Arifin, F. (2019). The Effectiveness of Google Classroom Media on the Students' Learning Outcomes of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education Departement. Jurnal Pendidikan Guru MI Vol. 6 No. 2.
    Fauziah, Y., Mahadi, I.,& Alhuda, M. (2018). Analisis Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Melalui Penggunaan Teknik Ice Breaker Pada Pembelajaran Biologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, FKIP Universitas Riau.
    Rohaniawati, D. (2016). Penerapan Pendekatan Pakem untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Mahasiswa dalam Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian Guru. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah Vol. 1 No. 2.
    Shaumi, A.N. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) dalam pembelajaran Sains di SD/MI. Jurnal Terampil Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Vol. 2. No. 2.
    Siska, Y. (2016). Konsep Dasar IPS Untuk SD/MI. Yogyakarta: Garudhawaca.
    Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.