PENGARUH MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Arief Yulfan Hidayat
Ahmad Tohir
Rahayu Soraya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh media strip story terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung, Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan terjadi peningkatan hasil belajar IPS pada kelas V A, dapat diketahui bahwa pada penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan diberikan Media Pembelajaran Strip Story terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandar Lampung pada ranah kognitif.Hal ini dapat ditunjukan dalam pembelajaran kelas V A dengan penggunaan Media Strip Story, Hasil Belajar IPS dalam materi kerajaan hindu budha di indonesia memiliki kualifikasi “Baik” dengan rata-rata 81,04 yang artinya Media Pembelajaran Strip Story efektif di gunakan untuk mata Pelajaran IPS. Berdasarkan kesimpulan, maka peneliti memberikan beberapa saran diantaranya sebagai berikut yaitu sebagai seorang guru harus terus memperbarui kreativitas, pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran maupun komponen-komponen lain dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Arief Yulfan Hidayat, Ahmad Tohir, & Rahayu Soraya. (2022). PENGARUH MEDIA STRIP STORY TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(2), 85–91. https://doi.org/10.52647/jep.v4i2.67

References

  1. Adi, Tranggana Saputra. (2016). Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Berbasis Pembelajaran Tematik.
  2. Herpratiwi, H., & Tohir, A. (2022). Learning Interest and Discipline on Learning Motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 424435.
  3. Lisnawati. (2018). Pengembangan Pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Di SD/MI berbasis Integrasi Interkoneksi, Vol.3 No.1 2018.
  4. Lufri. (2006). Strategi Pembelajaran, Teori, Praktek dan Penelitian. Padang: Universitas Negeri Padang.
  5. Qomario, Q., dkk. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students’ high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research Vol 5 (1) pp 66- 73. DOI: https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i1.106.
  6. Salmiwati. (2019). Konsep Belajar dalam Perspektif Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Islam vol 2.