PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Wita Sari Anggraini
Herpratiwi
Rahayu Soraya

Abstract

Masalah dalam penelitian adalah masih rendahnya hasil belajar matematika di kelas VB SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika  kelas VB SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen bentuk pre eksperimental one group pretest-posttest design.  Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan.  Sampel penelitian  ini adalah siswa kelas VB yang  berjumlah 18 orang.  Teknik pengambilan sampel menggunakan  teknik  sampling purposive.  Hasil data penelitian ini diperoleh dari nilai pretest dan posttest, dengan instrumen berupa soal pilihan ganda sebanyak 15 soal. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t (paired sampel t test) diperoleh nilai thitung ? ttabel yaitu 5.956 ? 2.110 dengan taraf Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VB SD Negeri 5 Merak Batin Kecamatan Natar Lampung Selatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Wita Sari Anggraini, Herpratiwi, & Rahayu Soraya. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(2), 78–84. https://doi.org/10.52647/jep.v4i2.64

References

  1. Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa.Yogyakarta: Depublish.
  2. Herpratiwi, H., & Tohir, A. (2022). Learning Interest and Discipline on Learning Motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 424435.
  3. Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  4. Kurniasih. Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.
  5. Octavia, Shilphy A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish
  6. Permatasari, K. G. 2021. Problematika pembelajaran matematika di sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pedagogy, 14(2), 68-84.
  7. Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Qomario, Q., dkk. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students’ high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research Vol 5 (1) pp 66- 73. DOI: https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i1.106.
  9. Rini. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif : analisis data dengan SPSS. Makasar: Nas Media Pustaka.
  10. Sugiyono.2021. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CET. XXVI. Bandung : Alfabeta
  11. Suzana, Yeni dan Imam Jayanto. 2021. Teori Belajar & Pembelajaran. Malang: Literasi Nusantara.

Most read articles by the same author(s)