Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Serdang
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara signifikan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan model pra-eksperimental dengan bentuk one shot case study. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri 2 Serdang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 siswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas dengan model Chi Square dan uji-t. Hasil penelitian ditunjukkan dengan hasil uji-t (paired sample t test) bahwa nilai sebesar 41.084 > 1.680 dan taraf Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa diterima dan ditolak artinya terdapat pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Serdang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Dewi. (2021). Teori aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
- Fitriana, E. (2020). Peran Orangtua Dalam Memotivasi Belajar Anak Di Dusun VI Tanjung Mulya Kampung Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pengubuan Lampung Tengah. Skripsi Pendidikan: Jurusan :Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
- Fuadi,R., dkk. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika. Vol. 3, No. 1, April 2016.
- Ikhsan Candra Prayuda, dkk. (2022). PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.40.
- Makki, M.I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Duta Media Publishing.
- Nugraheni. (2015). Pengaruh Peran Orangtua Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iii Sd Se-Gugus Sinduharjo Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan: Universitas PGRI Yogyakarta.
- Sahara, DP. (2018). Pengaruh Peran Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SD Negeri Di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
- Sekali, R. B. R. K., & Tohir, A. (2020). Upaya Meningkatkan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Siswa Melalui Konseling Individu dengan Pendekatan Realita Kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 2(2), 135–147.
- Sugiarto. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatan Hasil Belajar Fisika. Cv mine.
- Umar. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Pretasi Belajar Anak. Jurnal Imiah Edukasi Vol 1, Nomor 1.