Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Serdang

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Badilatul Jaesi Amarta
Ali Mashari
Nureva

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh secara signifikan peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan model pra-eksperimental dengan bentuk one shot case study. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri 2 Serdang. Sampel pada penelitian ini berjumlah 44 siswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Adapun untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas dengan model Chi Square dan uji-t. Hasil penelitian ditunjukkan dengan hasil uji-t (paired sample t test) bahwa nilai  sebesar 41.084 >  1.680 dan taraf Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa  diterima dan  ditolak artinya terdapat pengaruh peran orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Serdang Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Badilatul Jaesi Amarta, Ali Mashari, & Nureva. (2022). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 2 Serdang. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(2), 92–97. https://doi.org/10.52647/jep.v4i2.72

References

  1. Dewi. (2021). Teori aplikasi Pembelajaran IPA SD/MI. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
  2. Fitriana, E. (2020). Peran Orangtua Dalam Memotivasi Belajar Anak Di Dusun VI Tanjung Mulya Kampung Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way Pengubuan Lampung Tengah. Skripsi Pendidikan: Jurusan :Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas : Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
  3. Fuadi,R., dkk. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika. Vol. 3, No. 1, April 2016.
  4. Ikhsan Candra Prayuda, dkk. (2022). PENGARUH TEKNIK ICE BREAKING TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.40.
  5. Makki, M.I., & Aflahah. (2019). Konsep Dasar Belajar dan Pembelajaran. Duta Media Publishing.
  6. Nugraheni. (2015). Pengaruh Peran Orangtua Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Iii Sd Se-Gugus Sinduharjo Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan: Universitas PGRI Yogyakarta.
  7. Sahara, DP. (2018). Pengaruh Peran Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa SD Negeri Di Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
  8. Sekali, R. B. R. K., & Tohir, A. (2020). Upaya Meningkatkan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Siswa Melalui Konseling Individu dengan Pendekatan Realita Kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 2(2), 135–147.
  9. Sugiarto. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatan Hasil Belajar Fisika. Cv mine.
  10. Umar. (2015). Peranan Orang Tua Dalam Peningkatan Pretasi Belajar Anak. Jurnal Imiah Edukasi Vol 1, Nomor 1.