PENGARUH LATIHAN SIRKUIT TERHADAP KEMAMPUAN SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA I WAY LIMA

  • Gusrian Bakhtiar STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Rachmat Dody Ariesna STKIP Al Islam Tunas Bangsa
  • Nureva STKIP Al Islam Tunas Bangsa
Keywords: ekstrakurikuler, kondisi fisik, latihan circuit training

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh circuit training terhadap kemampuan shooting dalam permainan sepak bola pada siswa kelas XI SMA I Way Lima Kabupaten Pesawaran. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah metode literature review. Teknik pengumpulan adata literature dengan kata kunci bahasa Indonesia circuit training, tendangan shooting pada sepakbola. Dari kriteria tersebut maka diperoleh 13 artikel yang dijadikan rujukan review. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan latihan circuit training menunjukkan adanya peningkatan, dimana latihan ini dilakukan secara berkesinambungan, tidak hanya itu, siswa pun akan memperoleh pengalaman baru dalam metode latihan sehingga mampu mengantisipasi kebosanan siswa dalam menjalani latihan. Dengan adanya circuit training maka akan membiasakan pemain dalam menerima beban latihan sehingga mampu meningkatkan kemampuan shooting yang dimiliki oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh dengan analisis data dan pengujian hipotesis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa “terdapat pengaruh latihan Circuit training terhadap kemampuan shooting dalam permainan sepak bola pada peserta didik kelas XI SMA I Way Lima Kabupaten Pesawaran dilihat dari presentase peningkatan sebesar 21,62 %.

References

Hidayati, A., Setyawan, D., & Herlambang, T. (2020). Pengaruh Latihan Circuit Training pada Hasil Tendangan Shooting pada UKM Futsal Putri Universitas PGRI Semarang. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 5(1), 30-32.

Istofian, RS.,& Amiq, F. (2016). Metode Drill Untuk Meningkatkan Teknik Menendang Bola (Shooting) Dalam Permainan Sepakbola Usia 13-14 Tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga Vol 1(1).

Notoatmodjo D. (2010). Analisis Data Penelitian Kesehatan Dengan SPSS. Yogyakarta: Nuha Medika.

Prayuda, IC., dkk. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.40.

Sekali, R. B. R. K., & Tohir, A. (2020). Upaya Meningkatkan Penerimaan Diri (Self Acceptance) Siswa Melalui Konseling Individu dengan Pendekatan Realita Kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 2(2), 135–147.

Siswanto. (2017). Penilaian Dan Pengukuran Sikap Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Klaten: Bossscript.

Sucipto, dkk. (2000). Sepakbola. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Published
2022-09-30
Section
Articles