PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah ada pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas V SD Negeri 1 Triharjo Kecamatan Merbau Mataram Kabupaten Lampung Selatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pra-eksperimental dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Triharjo. Sampel penelitian ini ber jumlah siswa 26 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi, teknik analisa data dan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ditunjukkan dengan hasil uji-t (paired sampel t test) untuk sampel yang sama dengan perlakuaan berbeda (pretest-posttest) dengan mengahasilkan t hitung 21,476 lebih besar dari t tabel 1,708, yang membuktikan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
- Dewi, N. P., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Identifikasi Permasalahan Dalam Pembelajaran IPA Kelas IV Sdn Buluh 3 Socah. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PPGRI Bojonegoro, 1(1).
- Herpratiwi, H., & Tohir, A. (2022). Learning Interest and Discipline on Learning Motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 424-435. https://doi.org/10.46328/ijemst.2290.
- Hunaepi, Maya Afriliyana, & Taufik Samsuri. (2014). Model Pembelajaran Langsung. Mataram: Penerbit Duta Pustaka Ilmu.
- Isro’atun. Dkk. (2020). Pembelajaran Matematika Dan Sains Secara Integratif Melalui Situation-Based Learning. Sumedang: UPI Sumedang Press.
- Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.
- Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
- Swarjawa, I. W. E., Suarjana, M., & Garminah, N. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sebatu. Mimbar PGSD UNDIKSHA, 1(1).
- Tohir, A., & Mashari, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 48. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015.