Implikasi Penugasan Dosen Di Sekolah (PDS)

Authors

  • Sri Rejeki Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nanang Rahman Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Abdul Sakban Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Agus Herianto Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.52647/jep.v2i1.15

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implikasi program penugasan dosen di sekolah. Subyek penelitian ini adalah guru sekolah mitra dan dosen FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram. Obyek penelitian meliputi kegiatan proses belajar mengajar dan evaluasi pembelajaran dosen di sekolah. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 tahapan di tahun 2018 dan 2019. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan  bahwa 13 dosen yang melaksanakan PDS di 9 sekolah memiliki pengalaman baru yang dapat dimplementasikan dalam kegiatan perkuliahan. Tingkat kesulitan mengajar yang paling dirasakan selama PDS  dialami oleh dosen yang mengajar di SD (3 orang dosen). Pengalaman yang diperoleh guru adanya sharing model dan media pembelajaran dengan dosen. Rerata dampak pembelajaran bagi dosen sebesar  (kategori baik).

Kata Kunci: Impilkasi, Penugasan Dosen, PDS

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-30

How to Cite

Sri Rejeki, Nanang Rahman, Abdul Sakban, & Agus Herianto. (2020). Implikasi Penugasan Dosen Di Sekolah (PDS). Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 2(1), 81–87. https://doi.org/10.52647/jep.v2i1.15

Issue

Section

Articles