PEMBERIAN BIMBINGAN KEPADA TEMAN SEJAWAT UNTUK PENINGKATAN KINERJA DOSEN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Jimi Harianto
Ngadimun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan kinerja dosen dengan dengan desain penelitian tindakan, dengan meng­adopsi beberapa kaidah penelitian tindakan kelas (PTK) dan penelitian tindakan sekolah (PTS). Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. Setelah dilakukan pemberian bimbingan dalam bentuk ajakan untuk meningkatkan kehadiran dosen tetap di kampus sesuai dengan tugas masing-masing, rerata jumlah jam hadir mengalami kenaikan. Pada September sampai Desember 2017, rerata tertinggi sebesar 85 jam dan terendah 69 jam hadir dan pada September sampai Desember 2018, tertinggi sebesar 93 jam dan terendah 75 jam hadir per bulannya. Perbandingan rerata jumlah jam hadir dosen antar program studi (Prodi) pada September s.d. Desember 2017, hadir terbanyak dosen PGSD, yaitu sebanyak 95 jam hadir dan 62 jam pada dosen Prodi PGPAUD, dan terendah pada dosen Prodi Penjas 45 jam hadir. Setelah diberikan ajakan tentang disiplin hadir, kondisi kehadiran dosen secara umum meningkat, yaitu pada: Prodi PGPAUD dari 62 jam hadir menjadi 65 jam hadir, Prodi Penjas dari 45 jam hadir menjadi 56 jam hadir, kecuali pada Prodi PGSD dan 93 jam hadir menurun sedikit menjadi 90 jam hadir. Hasil pemberian bimbingan dalam pening­katan jumlah dosen meman­fa­at­kan website sebagai media pembela­jaran on line secara umum hasilnya baru sampai pada taraf “Cukup”. Lebih rinci, dapat dijelaskan bahwa kualitas Blog Dosen yang sampai pada taraf “Baik Sekali” baru satu orang atau 16,7% dari dosen yang diteliti. Sampai pada taraf “Baik” dan “Cukup” masing-masing sebanyak 16,7%; lalu yang kualitas Blognya masih mencapai taraf “Sangat Kurang” masih sebanyak tiga orang atau 50% dari dosen yang dite­liti.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Jimi Harianto, & Ngadimun. (2022). PEMBERIAN BIMBINGAN KEPADA TEMAN SEJAWAT UNTUK PENINGKATAN KINERJA DOSEN. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 52–66. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.45

References

    Abu Ahmadi, Ahmad Rohani. 1991. Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
    Ahmadi, Abu, dan Ahmad Rohani. 1991. Bimbingan dan konseling di sekolah. PT Rineka Cipta.
    Arikunto, Suharsimi, 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta
    Arikunto, Suharsimi. 2006.Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
    Depdiknas. 2008.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
    Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasis¬waan, Kemristek Dikti. 2016. Pedoman Sistem Penjaminan Mutu Pendi¬dik¬an Tinggi: Jakarta: Direktorat Penjaminan Mutu.
    Fitrah, Muh. 2018. “Urgensi Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi.” Jurnal Penjaminan Mutu 4 (1): 76–86.
    http://pemeringkatan.ristekdikti.go.id/assets/document/klasifikasi20151.pdf
    http://ummetro.ac.id/berita/um-metro-peringkat-53-dari-480-perguruan-tinggi-terbaik-se-indonesia-versi-webometric
    Oktarina, Dian. 2016. Kualitas Layanan Dan Citra Merek, Serta Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Mahasiswa UMM. Universitas Lampung.
    Permana, Dian J. 2018. “Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja Perguruan Tinggi Melalui Metode Academic Scorecard.” Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT 3 (1): 109–14.
    Permen Ristek Dikti No.44 Tahun 2015. 2015. Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemristek Dikti.
    Permendiknas No.16 Tahun 2007 tentang Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.
    Putri, Ines Setiawati. 2019. “UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, e-mail: inessetiawatip@ gmail. com, abdul. muin@ uinjkt. ac. id.” Dalam SEMINAR NASIONAL, 131.
    REZA, Rregina Aditya, dan I. Dirgantara. 2010. “Pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja karyawan PT Sinar Santosa Perkasa Banjarnegara.” Universitas Diponegoro.
    Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development). Bandung: Alfabeta.
    Suharsimi, Arikunto. 2006. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.” Cet. Ke-XIII.
    Suharsimi, Arikunto, dan Supardi Suhardjono. 2006. “Penelitian tindakan kelas.” Jakarta: Bumi Aksara.
    STKIP Al Islam Tunas Bangsa. 2017. Borang Institusi, Buku III-B.Bandar Lampung: STKIP Al ITB.
    Tohirin. 2012. “Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling.” Jakarta: Raja Grafindo Persada.
    Tohirin. 2013. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Raja Grafindo Persada.