PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQH

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Fikri
Imam Syafe'i
Sovia Mas Ayu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Apakah ada pengaruh pemanfaatan E-Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqh di MTs Negeri 1 Bandar Lampung? (2) Apakah ada pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqh di MTs Negeri 1 Bandar Lampung? (3) Apakah ada pengaruh pemanfaatan E-Learning dan minat belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqh di MTs Negeri 1 Bandar Lampung?. Penelitian ini menggunakan metode metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, dengan sampel 110 orang peserta didik di MTs N 1 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan hipotesis statistika. Kesimpulan penelitian adalah (1) Tidak ada pengaruh pemanfaatan E-Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Fiqh di MTs N 1 Bandarlampung. (2) Terdapat pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Fiqh di MTs N 1 Bandarlampung. (3) Terdapat pengaruh pemanfaatan E-Learning dan minat belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada mata pelajaran Fiqh di MTs N 1 Bandarlampung.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fikri, M., Syafe’i, I., & Mas Ayu, S. (2022). PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQH. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 6–16. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.39

References

    Arif Mahya Fanny. (2019). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pgsd Pada Mata Kuliah Konsep Ips Lanjut, Jurnal Inventa 3, no. 1. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1815.

    Basuki, Ismet & Hariyanto. 2012. Asesment Penilaian. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

    Eti Kusnawati. 2014. Pengruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Terpadu. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

    Firman dan Sari Rahyu. (2020). Online di Tengah Pandmi Covid-19,” Indonesian Journal Science (IJES) 2, no. 2: 81, https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

    Imam Syafe’i. (2015). Tujuan Pendidikan Islam. At-Tadzkiyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 6.

    Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

    Poppy Yaniawati. 2010. E-Learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung: CV Arfino Raya.

    S. Margono. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

    Sobron Adi. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian. Vol.3. No.3.