IMPLEMENTASI LOTS DAN HOTS PADA SOAL TEMA 3 KELAS 1 MI/SD

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Maya Nurjanah

Abstract

Implementasi LOTS dan HOTS pada Soal Tema 3 Kelas 1 MI/SD. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran berbasis LOTS dan HOTS. Yang mana telah kita ketahui pada kurikulum 2013 itu mewajibkan untuk menerapkan pembelajaran berbasis HOTS karena pembelajaran HOTS ini sangatlah penting untuk perserta didik terutama siswa SD/MI. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena secara mendalam. Sedangkan metode yang digunakan yaitu studi pustaka (library reseach). Hasil penelitiannya yaitu Low Order Thinking Skill (LOTS) adalah sebuah kemampuan berfikir siswa secara fungsional. Sedangkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif metakognitif, dan berfikir kreatif yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Maya Nurjanah. (2021). IMPLEMENTASI LOTS DAN HOTS PADA SOAL TEMA 3 KELAS 1 MI/SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(2), 70–79. https://doi.org/10.52647/jep.v3i2.36

References

    Anderson, L.W., and Krathwohl, D.R. (2001). . A Taxonomy of Learning, Teaching, and Assessing: Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives.

    Fanani, M. Z. (2018). STRATEGI PENGEMBANGAN SOAL HOTS PADA KURIKULUM 2013. EDUDEENA: Journal of Islamic Religious Education, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30762/ed.v2i1.582

    Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif (Rekontruksi Pemikiran Dasar sera Contoh Penerapan pada ilmu Pendidikan. CV. Literasi NusantaraAbadi.

    Hartini, P., Setiadi, H., & Ernawati, E. (2021). INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS LOTS DAN HOTS BUATAN GURU KELAS VI SEKOLAH DASAR MATA PELAJARAN IPA DI JAKARTA. Jurnal Penelitian Dan Penilaian Pendidikan, 3(1), 14–24. https://doi.org/10.22236/jppp.v3i1.5912

    Ichsan, I. Z., Sigit, D. V., Ristanto, R. H., Luthfi, I. A., Muharomah, D. R., Efendi, M., Panjaitan, R. G. P., Marhento, G., Widiyawati, Y., & Susilo, S. (2020). LOTS dan HOTS tentang tanaman obat: Pembelajaran sains dan lingkungan saat new normal COVID-19. Edubiotik?: Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, 5(02), 91–102. https://doi.org/10.33503/ebio.v5i02.888

    Kemendikbud. (2017). MODUL PENYUSUNAN SOAL HOTS_Dit PSMA 2017.pdf. http://repo.mahadewa.ac.id/id/eprint/651/1/MODUL%20PENYUSUNAN%20SOAL%20HOTS_Dit%20PSMA%202017.pdf

    Manurung, I. D., Hasibuan, S. H., & Yusriati, Y. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) bagi Guru-Guru Madrasah Ibtidaiyah. JURNAL PRODIKMAS Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.30596/jp.v6i1.7674

    Rapih, S., & Sutaryadi, S. (2018). Perpektif guru sekolah dasar terhadap Higher Order Tinking Skills (HOTS): Pemahaman, penerapan dan hambatan. Premiere Educandum?: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 78–87. https://doi.org/10.25273/pe.v8i1.2560

    Realita, R. (2019). KOMPETENSI GURU MIN SABANG DALAM MELAKSANAKAN EVALUASI PEMBELAJARAN; Telaah atas Konstruksi Instrumen Penilaian Berbasis Kurikulum 2013. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(2), 268–286. https://doi.org/10.22373/jid.v19i2.5037

    Rurisfiani, A., Ramly, R., & Sultan, S. (2019). Level Berpikir Pertanyaan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bahasa: Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 111–119. https://doi.org/10.26499/bahasa.v1i2.37

    Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

    Sofyan, F. A. (2019). IMPLEMENTASI HOTS PADA KURIKULUM 2013. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36456/inventa.3.1.a1803