PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Kusmiyati

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar Pengolahan DataSekolah Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Beringin Raya Bandar  Lampung   Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020, menggunkanan pendekatan PAKEM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI Semester 1 SDN 1 Beringin Raya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. yang berjumlah 34 siswa. Data diperoleh dari catatan lembar pengamatan observer terhadap proses pembelajaran yang direncanakan peneliti, lembar pengamatan aktivitas belajar dan lembar tes untuk mengetahui prestasi belajar. Data dianalisis dengan statistik sederhana yaitu persentase.Berdasarkan temuan dan hasil pembahasan selama 3 siklus, Aktivitas belajar Siklus I mencapai 47%, Siklus II 62%, Siklus III mencapai 85%. Prestasi belajar Siklus I mencapai 53%, Siklus II 73%, Siklus III mencapai 100%, dan pengamatan observer yang bermitra dengan peneliti menunjukkan kriteria rata-rata baik. Kesimpulan penelitian bahwa penggunaan pendekatan PAKEM dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pengolahan Datasiswa kelas VI Semester 1 SDN 1 Beringin Raya Kecamatan Kemiling  Bandar Lampung TP 2019/2020.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Kusmiyati. (2021). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PAKEM. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(2), 44–49. https://doi.org/10.52647/jep.v3i2.34

References

    Abdurrahman. 2006. Pragmatik; Konsep Dasar Memahami Konteks Tuturan. Lingual Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra. Vol 1.
    Agus. 2008. Tuntutan di era Krisis. Pembiasaan Berpikir Kritis Dengan Pembiasan Membaca Kritis.
    Ahmadi. 2001. Ilmu Usahatani. Jakarta: Penebar Swadaya.
    Malyana, A. 2008. Jurnal Nuansa Pendidikan Vol. VI No.2. LPMP. Lampung.
    Syaiful Sagala.2005. Konsep dan Makna Pembelajaran, CV. Alfabeta, Bandung.
    Tohir, A. & Mashari, A. 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 4 No 1 pp 48-53.
    Tohir, A. Dkk. 2021. Decision Support System Using WP Algorithm for Teacher Selection. Journal of Physic: Conference Series 1845(2021) 012028. Doi: 10.1088/1742-6596/1845/1/012028.