IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA TERHADAP ESENSI NILAI HUMANISME DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI KALANGAN GENERASI MUDA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Awalia Marwah Suhandi
Dini Angraeni Dewi

Abstract

Nilai humanisme pancasila merupakan aspek yang sangat penting bagi kepribadian yang saling menghargai dan menghormati pada kalangan generasi muda. Nilai humanisme harus dimaknai sebagai upaya pencegahan dan pencapaian kehidupan yang rukun, nyaman, dan sentosa. Nilai kemanusian dalam kehidupan bermasyarakat dinilai ketika masyarakat itu mampu menghargai dan menghormati hak dan kewajiban yang dimiliki orang lain dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Hasil penelitian dengan mengkaji pemikiran Budi Hardiamansyah adalah nilai humanisme yang luntur dikalangan generasi muda harus terus ditingkatkan karena nilai humanisme ini sudah perlahan luntur dikalangan masyarakat khususnya kalangan generasi muda. Dalam hal ini penerapan nilai humanisme dalam pancasila sangat asing bagi mereka yang menganggap bahwa nilai kemanusiaan tidak penting di terapkan di kehidupannya karena sudah terbalut rasa egois dalam berkehidupan di lingkungan masyarakat. Tujuan penelitian berbasis kajian teori ini berguna untuk memaknai nilai humanisme dalam kehidupan bermasyarakat di kalangan generasi muda. Metode analisis yang digunakan yaitu studi literature dengan pendekatan kualitatif. Kesimpulan dari penelitian dengan kajian literature ini adalah generasi muda merupakan tolak ukur kemajuan suatu bangsa dengan menjiwai dan mengamalkan nilai pancasila khususnya nilai kemanusiaan maka akan menghantarkan kepada sebuah jalan menuju puncak kebahagiaan kehidpuan di dunia yaitu sikap menghargai dan toleransi di dalam kehidupan bermasyarakat.


Kata Kunci: Generasi muda, Nilai Humanisme, Pancasila

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Awalia Marwah Suhandi, & Dini Angraeni Dewi. (2021). IMPLEMENTASI NILAI PANCASILA TERHADAP ESENSI NILAI HUMANISME DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DI KALANGAN GENERASI MUDA. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(1), 36–43. https://doi.org/10.52647/jep.v3i1.32

References

    Aminullah. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. Jurnal ilmiah IKIP Mataram. Vol 3. 620-628.

    Arif, S. (2016). Falsafah Kebudayaan Pancasila. Jakarta PT Gramedia Pustaka

    Aristin, R. (2016). Aktualisasi Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab Di Era Reformasi. Aspirasi : Jurnal ilmiah Administrasi Negara. Vol 1, hal 4.

    Airlam, L. (2018). Perlindungan Hukum Bagi Anak Dalam Perspektif Pancasila dan Bela Negara. Unifikasi : jurnal ilmu hukum. Vol 5, 58-70.

    Evie, S. (2014). Pengintegrasian Nilai-Nilai Kemanusiaan (Human Values) Dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Kreatif Tadalako. Vol 2. Hal 54.

    Habsy, A. (2017). Seni Memahami Penelitian Kualitatif Dalam Bimbingan Konseling :Studi Literature. Jurkam : Jurnal Konseling Andi Matappa, 01. 90-100

    Hardiman, B. (2012). Humanisme dan Sesudahnya. Jakarta : KPG (kepustakaan populer gramedia)

    Rianto, H. (2016). Implementasi Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab di Lingkungan Sekolah. Jurnal pendidikan sosial. Vol 3, 80-91.

    Mulyo, Rahardjo (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta : Gava Media

    Musianto (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Puslit Petra : Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 04.123-136

    Mustohfa. (2017). Pendidikan Islam Perspektif Humanisme-Pancasila. Jurnal Tarbiyah. Vol 24. Hal 157.

    Monalisa, R. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMA Negeri Kabupaten Cinajur. Jurnal Pendidikan Geografi. 16, 44-55.

    Mona, M. (2020). Kekuatan Nilai Nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Jurnal Al-Adabiya. 15, 121-138.

    Nazir, Moh. (1988) Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

    Triwardani, Y. (2013). Memanusiakan manusia dalam lingkungan yang tangguh. Jurnal Antropologi Indonesia. Vol 1, 78-89.

    Yasin, J. (2009). Hak Azasi Manusia dan Hak serta Kewajiban Warga Negaa dalam Hukum Positif Indonesia. Jurnal Artikel Ilmu Pengetahuan sosial. 1-17.