PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR KEBUGARAN JASMANI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 4 SAWAH LAMA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sajidin

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktifitas belajar Kebugaran Jasmani Penjas Orkes pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sawah Lama Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 4 Sawah Lama Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kleas V SD Negeri 4 Sawah Lama Kecamatan Tanjung Karang Timur Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019, berjumlah 27 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dapat dikategorikan berhasil jika: 75% siswa aktif/sangat aktif mengikuti proses pembelajaran demonstrasi, dengan demikian siklus penelitian dihentikan. Hasil penelitian pada proses pembelajaran Kebugaran Jasmani Penjas Orkes dengan menggunakan metode demonstrasi pada siswa kelas V SD Negeri 4 Sawah Lama Tahun Pelajaran 2018/2019, yaitu pada siklus 1 kinerja guru mencapai 66,67% dan aktivitas siswa mencapai 62,69%. Pada siklis II kinerja guru mencapai 77,08% dan aktivitas siswa mencapai 70,37%. Pada siklus III kinerja guru mencapai 87,50% dan aktivitas siswa mencapai 77,78%.


Kata Kunci: Aktivitas, Metode Demonstrasi,  Siswa

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sajidin. (2021). PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR KEBUGARAN JASMANI MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SDN 4 SAWAH LAMA. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(1), 23–27. https://doi.org/10.52647/jep.v3i1.29

References

    Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

    Juwita, R. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran ,Vol 2(2).

    Permendiknas Nomor 22. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pndidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

    Qomario, Q., Tohir, A., & Mashari, A. (2020). The effect of realistic mathematical approaches towards the students’ math learning outcomes. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 78-85. Doi: https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32577

    Roestiyah N. (2008). Strategi Belajar Mengajar. PT Rhineka Cipta. Jakarta

    Sardiman, AM. (1994). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

    Sanjaya, Wina. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

    Silberman, Melvin L. (2009). Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Alih bahasa: Raisul Muttaqien). rev.ed. Bandung: Nusamedia.

    Usman, Uzer. (2000). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.