PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Qomario

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 3 Gunung Terang Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest posttest design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 3 Gunung Terang Bandar Lampung. Populasi penelitian ini berjumlah 25 orang siswa. Penentuan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling jenuh sehingga seluruh jumlah populasi digunakan sebagai sampel. Teknik penggumpulan data berupa tes dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis menggunakan statistik uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe talking stick terhadap hasil belajar IPA dengan rata-rata pretest 59% dan posttest 82% dengan hasil analisis thitung = 12,849 ? ttabel 1,711, sehingga pembelajaran menggunakan model cooperative learning tipe talking stick mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar IPA.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Qomario. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 3(2), 50–54. https://doi.org/10.52647/jep.v3i2.37

References

  1. Arikunto, Suharmisi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Depdiknas. (2003). Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Kurniasih, Imas. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kata Pena.
  4. Peraturan Pemerintah. (2005). Standar Nasional Pendidikan No. 19 ayat 15. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  5. Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
  6. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.
  7. Tohir, A., Winoto, T. H., Tecoalu, M., Nadeak, B., Hutauruk, A. F., Wicaksono, G., ... & br Sembiring, T. (2021). Decision Support System using WP Algorithm for Teacher Selection. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1845, No. 1, p. 012028). IOP Publishing.