PEMANFAATAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI ALAT EVALUASI PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Artikel ini mendiskripsikan tentang pemanfaatan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi pada pembelajaran anak usia dini. Tujuan artikel ini di antaranya untuk membantu guru dan siswa dalam memahami aplikasi kahoot dan untuk membantu guru sebagai alat evaluasi pembelajaran, memudahkan guru memberikan materi pembelajaran, dan memotivasi anak mengikuti kegiatan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian library research atau studi kepustakaan dengan cara mengumpulkan data dari perpustakaan, membaca, mencatat, dan mengolah bahan penelitian. Hasil dari penelitian ini menghasilkan bahwa penggunaan aplikasi kahoot dapat membuat aktivitas pembelajaran lebih menyenangkan, memotivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, dan memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta sebagai alat evaluasi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arief Yulfan Hidayat, Ahmad Tohir, & Rahayu Soraya. (2022). Pengaruh Media Strip Story Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(2), 85–91. https://doi.org/10.52647/jep.v4i2.67.
- Damayanti, N. A., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Kahoot Sebagai Media Evaluasi Hasil Belajar Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1647-1659.
- Fauziya, D. S., & Suhara, A. M. (2015). EVALUASI PEMBELAJARAN MELALUI PENULISAN JURNAL REFLEKTIF BERBASIS PENILAIAN DIRI DI PBS. INDONESIA STKIP SILIWANGI. P2M STKIP Siliwangi. https://doi.org/10.22460/p2m.v2i1p46-52.163
- Hartanti, D. (2019, September). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Pembelajaran Interaktif Game Kahoot Berbasis Hypermedia. In Prosiding Seminar Nasional PEP (Vol. 1, No. 1).
- Irwan, I., & Waldi, A. (2019). Implementasi Kahoot! sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 2(1), 126-140.
- Nuriyah, N. (2014). Evaluasi pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Jurnal Edueksos. https://doi.org/10.1165/rcmb.2013-0411OC
- Perdana, I., Saragi, R. E. S., & Aribowo, E. K. (2020). Persepsi Siswa terhadap Pemanfaatan Media Kahoot dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kwangsan, 8(2), 332460.
- Qomario, dkk. (2022). Math poster with augment reality to increase learning outcome of students’ high school. International Journal of Trends in Mathematics Education Research Vol 5 (1) pp 66- 73. DOI: 10.33122/ijtmer.v5i1.106.
- Rafnis, R. (2019). Pemanfaatan Platform Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Interaktif. e-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).
- Rofiyarti, F., & Sari, A.Y. (2017). TIK untuk AUD: Menggunakan “Kahoot!” platform dalam menumbuhkan jiwa kompetitif dan kolaboratif anak-anak. PEDGOGI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini dan Anak Usia Dini, 3(3b).
- Rosdiana, L. A. (2019). Students’ Responses Toward Kahoot Application in Indonesian Subject. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, 8(1), 1-6.
- Vinika elita Putri, V., & roziq Asrori, M. A. (2019). PEMANFAATAN DIGITAL GAME BASE LEARNING DENGAN MEDIA APLIKASI KAHOOT. IT UNTUK PENINGKATAN INTERAKSI PEMBELAJARAN. INSPIRASI (JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL), 16(2).