Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa SMPN 3 Jatiagung

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Emi Sulasmi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara kontrol diri dengan perilaku agresif pada siswa SMPN 3 Jatiagung Lampung Selatan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kontrol diri dengan perilaku agresif siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Jatiagung Tahun Ajaran 2020/2021 yang berjumlah 228 orang. Metode pengumpulan data menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Dalam penelitian ini skala yang digunakan adalah skala perilaku agresif dan skala kontrol diri. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS (Statistical Packages for Social Science). Teknik analisis menggunakan Spearman’s rho yang ditunjukkan dengan nilai rxy = -0,589 dimana p = 0,000 dan (p < 0,05) sehingga ada hubungan yang signifikan antara kontrol diri dengan perilaku agresif pada siswa SMPN 3 Jatiagung Lampung Selatan, sehingga hipotesis dalam penelitian ini diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara variabel kontrol diri dan perilaku agresif terdapat hubungan yang arahnya negatif, yang berarti jika kontrol diri siswa rendah, maka perilaku agresifnya tinggi, begitupun sebaliknya, jika kontrol diri siswa tinggi, maka perilaku agresif siswa rendah. Variabel kontrol diri memberikan kontribusi sebesar 34,69% pada perilaku agresif siswa SMPN 3 Jatiagung Lampung Selatan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Sulasmi, E. (2023). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa SMPN 3 Jatiagung. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 5(1), 56–64. Retrieved from https://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi/article/view/82

References

  1. Auliya, M., dan Nurwidawati, D. (2014). Hubungan Kontrol Diri Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro. Character, 2(3), 1-6.
  2. Bandura, A. (1997). Self-Efficacy–The Exercise of Kontrol (Fifth Printing, 2002). New York: W.H. Freeman & Company.
  3. Baron, R.A. dan Byrne, D. (2005). Psikologi sosial. Edisi kesepuluh: jilid 2. Jakarta: Erlangga.
  4. Calhoun, F & Acocella, J. (1995). Psikologi Tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (edisi ketiga). Semarang: IKIP Semarang.
  5. Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
  6. Erikson, E.H. (1968). Identity: Youth and Crisis. New York: Norton.
  7. Febrini, D. (2017). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Ginting, D.D., dan Rustika, I.M. (2019). Peran Kontrol Diri Dan Intensitas Mengakses Pornomedia Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Remaja Madya Di SMK N 1 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 6(1), 794- 804.
  9. Hastuti, L.W. (2018). Kontrol diri dan agresi: tinjauan meta-analisis. Buletin Psikologi. 26(1), 42-53.
  10. Karniyanti, N.K., dan Lestari, M.D. (2017). Peran Kontrol Diri Dan Asertivitas Pada Sikap Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Pada Remaja Akhir Di Bangli. Jurnal Psikologi Udayana, 5(1), 72-85.
  11. Pradana, Y.I., dkk. (2018). Hubungan Antara Menonton Acara Kekerasan Televisi Dengan Perilaku Agresif Siswa SMP Di Salatiga. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 55-65.
  12. Ratna BR Karo Sekali, & Ahmad Tohir. (2020). Upaya Meningkatkan Penerimaan Diri (Selfacceptance) Siswa Melalui Konseling Individu Dengan Pendekatan Realita Kelas XI SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 2(2), 135–147. https://doi.org/10.52647/jep.v2i2.21
  13. Riduwan & Akdon. (2005). Rumus dan Data dalam Aplikasi Statistik. Bandung: Alfabeta.
  14. Santoso, Singgih. (2001). SPSS Versi 11,5 Mengolah Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
  15. Santrock, J. (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.
  16. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  17. Tripambudi, B., dan Indrawati, E.S. (2018). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif Pembelian Gadget pada Mahasiswa Teknik Industri Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 7(2), 189-195.