Penerapan Metode Menejemen Kelas Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Pada Siswa SMP IT Nurul Mujahidin NWDI Pancor Kopong

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muh. Taufiq
Herman Wijaya
Khirjan Nahdi
Ramlah H.A. Gani

Abstract

Penelitian merupakan penelitian tindak kelas dengan memfoluskan kajian pada aktivitas guru dan siswa dalam keterampilan membaca cepat dengan metode menejemen kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP IT NWDI Pancor Kopong pada kelas VIII tahun ajaran 2021/2022. Penelitian Tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus. Setiap siklus diselesaikan pada 1 kali pertemuan. Sumber data dari penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa kelas VIII SMP IT NWDI Pancor Kopong, dokumen yang relevan dan nilai keterampilan membaca cepat. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan membaca (teks) cepat dengan kecepatan 230-250 kata per menit. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik deskriptif komparatif dan dan teknik analisis kritis. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan membaca cepat siswa setelah dilaksanakannya dua siklus tindakan. Peningkatan tersebut terlihat dari siswa yang mendapat nilai kriteria ketuntasan belajar yang dicapai yaitu 89,7 % dengan ketuntasan secara klasikal yang ditunjukkan hasil tes kemampuan membaca cepat pada siklus III merupakan angka di atas ketuntasan belajar yang dipersyaratkan, yakni 85 %. Dengan berpedoman pada kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan pada bab III, yakni apabila 85 % subyek penelitian telah berhasil memperoleh nilai di atas kriteria ketuntasan minimal 75, maka tindakan yang diberikan kepada subyek penelitian telah berhasil mencapai target pada siklus III.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Taufiq, M., Wijaya, H., Nahdi, K., & H.A. Gani, R. (2023). Penerapan Metode Menejemen Kelas Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Cepat Pada Siswa SMP IT Nurul Mujahidin NWDI Pancor Kopong. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 5(1), 35–45. Retrieved from https://jepjurnal.stkipalitb.ac.id/index.php/hepi/article/view/81

References

  1. Amalia, F. N. (2019). Peningkatan keterampilan membaca cepat dengan teknik skimming. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(01), 31–41.
  2. Anwar, M. (2018). Menjadi guru profesional. Prenada Media.
  3. Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
  4. Asmani, J. M. (2009). Great Teacher!: Kiat Sukses Menjadi Guru Inspiratif, Inovatif, dan Motivatif. DIVA PRESS.
  5. Asmara, Y., & Nindianti, D. S. (2019). Urgensi Manajemen Kelas untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 1(1), 12–24.
  6. CHINRA, M. U. H. (2019). Hubungan Antara Pengelolaan Kelas Dengan Prestasi Belajar Murid Kelas Iv Sd Negeri Romang Polong Kecamatan Somba Opu.
  7. Dalle, H. A. (2015). Wacana Bahasa Inggris Berdasarkan Keterampilan Berbahasa Kelas X Man 2 Parepare. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(2), 110–129.
  8. Farida, A., Rois, S., & Ahmad, E. S. (2023). Sekolah yang Menyenangkan: metode kreatif mengajar dan pengembangan karakter siswa. Nuansa Cendekia.
  9. Firdaus, E., Gaspersz, S., Purba, S., Muharlisiani, L. T., & Yusuf, R. N. (2021). Keterampilan Dasar Guru. Yayasan Kita Menulis.
  10. Gani, R. H., Nurdin, N., Supratmi, N., Ernwati, T., & Wijaya, H. (2022). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading and Composition terhadap Kemampuan Menyusun Kalimat Efektif. Journal on Teacher Education, 4(2), 546–554.
  11. Harianti, D. (2008). Metode jitu meningkatkan daya ingat (memory power). Tangga Pustaka.
  12. Hosen, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Cepat dengan Metode SQ3R pada Siswa Kelas V SDN Gili Anyar Kamal Bangkalan. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 17–32.
  13. Ikhsan Candra Prayuda, Putry Agung, Ali Mashari, & Ahmad Tohir. (2022). Pengaruh Teknik Ice Breaking Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 1–5. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.40
  14. Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran tematik:(Konsep dan aplikasi). Cv. Ae Media Grafika.
  15. Karsono, K. (2015). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimpulkan Isi Bacaan dengan Membaca Cepat 250 Kata Per Menit (KPM) Menggunakan Metode Tri-Fokus Steve Snyder pada Siswa Kelas VIII SMP YPAC Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Rehabilitasi Dan Remediasi, 24(2).
  16. Kustian, N., Rahayu, W., & Ningsih, R. (2017). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan dalam Membaca Cepat untuk Menemukan Ide Pokok Paragraf. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 2(2), 213–220.
  17. Kusumawati, N., & Maruti, E. S. (2019). Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Cv. Ae Media Grafika.
  18. Madeamin, S. (2019). Kemampuan Membaca Cepat melalui Penerapan Model SQ3R Siswa Kelas X SMK Kristen. Jurnal Sinestesia, 9(2), 65–74.
  19. Nurhidayah, L. (2016). Pengaruh teks terjemahan berita di televisi terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Islam Al Fajar, Pamulang, Tangerang Selatan, Tahun Pelajaran 2016/2017. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan.
  20. Nurhidayah, N. (2019). Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektitas Pembelajara di SMP Swasta Islam Azizi Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
  21. Nurtika, L. (2021). Strategi Meningkatkan Minat Baca Pada Masa Pandemi. Lutfi Gilang.
  22. Nuryati, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Artikel Dengan Membaca Cerpen Melalui Penggunaan Teknik Kecepatan Efektif Membaca (KEM)(PTK Di Kelas IX-A SMP Negeri 14 Tasikmalaya). Jurnal Wahana Pendidikan, 4(2), 12–22.
  23. Olifia, F. (2013). Teknik membaca efektif. Elex Media Komputindo.
  24. Parnawi, A. (2020). Penelitian tindakan kelas (classroom action research). Deepublish.
  25. Pohan, A. E. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung.
  26. Praheto, B. E., Andayani, A., Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2017). Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di Pgsd. Proceedings Education and Language International Conference, 1(1).
  27. Purwanitaningrum, E. (2013). Membaca Cepat Untuk Menyimpulkan Isi Bacaan Menggunakan Teknik Tayang Kilas Dengan Media Film Terjemahan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2).
  28. Rahayu, S. S., Razak, A., & Hakim, N. (2019). Kecepatan Membaca Efektif Teks Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018/2019. JURNAL TUAH: Pendidikan Dan Pengajaran Bahasa, 1(2), 106–113.
  29. Rangkuti, L. W. (2016). Pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individuality (Tai) dan kemampuan mengelola kelas guru terhadap hasil belajar fikih siswa kelas VII di Mts S Al-Washliyah Nagur Kecamatan Tanjung Beringin. Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
  30. Sipayung, R. (2021). Hubungan Pemahaman Membaca Dengan Kemampuan Menulis Paragraf Narasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tani 095234 Tahun Ajaran 2020/2021. UNIVERSITAS QUALITY.
  31. Siregar, R. S., Subakti, H., Karwanto, K., Sari, I. N., Purba, S., Susanti, S. S., Tanjung, R., Sakirman, S., Saftari, M., & Siallagan, T. (2021). Manajemen Sistem Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
  32. Sulistianah, Tohir, A. (2020). Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap keterampilan Berbicara Anak usia 5-6 Tahun di TK Xaverius 3 Bandar Lampung. SeBaSa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3(1).
  33. Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan karakter di era milenial. Deepublish.
  34. Susanti, E. (2020). Keterampilan Berbicara. Rajawali Pers.
  35. Suwandi, Sarwiji. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  36. TANASYAH, Y. (n.d.). 12 Strategi Manajemen Kelas.
  37. Tanjung, W. U., & Namora, D. (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217.
  38. Widiasworo, E. (2018). Cerdas pengelolaan kelas. Diva Press.
  39. Widyastuti, A. (2017). Kiat jitu anak gemar baca tulis. Elex Media Komputindo.
  40. Wijaya, H. (2020). Tingkat Literasi Membaca Siswa Kelas IV SDN 3 Sikur Lombok Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Education and Learning, 4(1), 425–435.
  41. YANA, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Coveeratif Script Terhaadap Hasilpembelajaran Siswa Pada Materi Irus Di Kelas X Sma Negeri 15 Palembang. Uin Raden Fatah Palembang. doi.org.//10.1016/0883-0355(90)90016-2