ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

  • Tsany Sahara Perwitasari Universitas Trunojoyo
  • Mamluatur Universitas Trunojoyo
  • Agung Setyawan Universitas Trunojoyo
Keywords: kesulitan membaca, bimbingan belajar, membaca.

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha yang direncanakan dengan tujuan menjadikan pribadi yang lebih baik dan mengembangkan potensi dalam dirinya(Windrawati et al., 2020). Maka dalam hal ini peran keluarga, guru, dan lingkungan sekitar menjadi penting dalam mengatasi kesulitan belajar. Peneleitian ini menggunakan metode deskriptif yang lakukan di SD negeri 01 bungah gresik jawa timur tahun 2022, subjek penelitian ini adalah skil membaca siswa SDN 01 Bungah. Pola pengumpulan data yang di pakai adalah eksplorasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian yang dilakukan diketahui bahwa siswa sulit untuk membedakan beberapa huruf yang hampir memiliki kesamaan bentuk seperti “b” “p” dan “d”, siswa mengalami kesulitan dalam membaca kosa kota, mengeja kata perkata dan membaca dengan terbata-bata. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat di ketahui penyebab dari peserta didik mengalami kesulitan membaca yaitu kurangnya minat dari peserta didik untuk membaca, kurangnya bimbingan dan perhatian yang diberikan orang tua siswa dalam mengawasi perkembangan dan belajar peserta didik.

References

Bella Oktadiana. (n.d.). Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang.

Feronika, L. (2016). Studi Analisis Tentang Kesulitan Membaca (Disleksia) Serta Upaya Mengatasi Pada Siswa VB Muhammadiyah 22 Sruni, Sukarata. Jurnal Skripsi, 1–14.

Khasana, S. U., & Darsinah. (2022). Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 1–11. Https://E-Journal.Unmuhkupang.Ac.Id/Index.Php/Jpdf%0avol.

Kusyairi & Yustina, I. (N.D.). Pengaruh Kemampuan Membaca Pemahaman Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Polagan 4 Sampang. 29–36.

Pridasari, F., & Anafiah, S. (2020). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Di Sdn Demangan Yogyakarta. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(2), 432–439. Https://Doi.Org/10.30738/Trihayu.V6i2.8054

Septiana Soleha, R., Enawar, E., Fadhillah, D., & Sumiyani, S. (2021). Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar. Berajah Journal, 2(1), 58–62. Https://Doi.Org/10.47353/Bj.V2i1.50.

Sulistianah, Ahmad Tohir. (2020). Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap ketrampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Xaverius 3 Bandar Lampung. Jurnal SeBasa Jurnal Pendidikan dan Sastra Bahasa Vol. 3 (1). https://doi.org/10.29408/sbs.v3i1.2184

WHO. (2022). Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Anak Yang Mengalami Keterlambatan Membaca (Studi Kasus di Desa Sungai Jauh Kabupaten Musi Rawas Utara). הארץ, 8.5.2017, 2003–2005. Https://Www.Who.Int/News-Room/Fact-Sheets/Detail/Autism-Spectrum-Disorders

Windrawati, W., Solehun, S., & Gafur, H. (2020). Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 10–16. Https://Doi.Org/10.36232/Jurnalpendidikandasar.V2i1.405

Published
2022-09-29
Section
Articles