PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Siti Kurniasih

Abstract

Pendidikan untuk anak usia dini membutuhkan peran serta lingkungan dengan memberikan pembelajaran yang sesuai untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Aspek perkembangan bahasa dapat memengaruhi perkembangan lainnya. Perkembangan bahasa meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Pengembangan keterampilan menyimak anak menjadi dasar untuk meningkatkan aspek perkembangan bahasa anak. Pembelajaran tetap diberikan sesuai dengan kondisi yang ada yaitu menggunakan pembelajaran dalam jaringan sesuai dengan usia dan tahapan perkembangan anak untuk mengembangkan keterampilan menyimak anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif, berlokasikan di TK Cahaya Bintang dengan usia anak kelompok A yaitu 4-5 tahun. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi, dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dalam jaringan yang sesuai dengan usia dan tahapan perkembangan anak dapat mengembangkan keterampilan menyimak anak secara maksimal. Pengembangan keterampilan menyimak anak dipengaruhi oleh faktor pendukung yaitu kerjasama antara pendidik, orangtua, kelengkapan media pembelajaran dalam jaringan, dan pengetahuan pendidik dalam keterampilan menyimak sehingga pendidik dapat membuat video pembelajaran yang menarik untuk anak.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Siti Kurniasih. (2022). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK MELALUI PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.52647/jep.v4i1.43

References

  1. Chandrawaty. 2020. Pendidikan Anak Usia Dini. Jawa Barat: Edu Publisher.
  2. Johan, Anggito Albi dan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bojong Genteng: CV Jejak.
  3. Qomario, Siti Kurniasih, dan Hetty Anggraini. (2018). Studi Analisis Latar Belakang Pendidikan, Sertifikasi Guru Dan Usia Guru PAUD di Kota Bandar Lampung Berdasarkan Hasil Nilai UKG. Universitas Trilogi: Jurnal Caksana-Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 1 No.2 tahun 2018.
  4. Setyaningsih, Kunia Dwi. (2020). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran dalam jaringan di SD Negeri Karangrena 03. Jurnal Riset Pendidikan Dasar No. 2. 2020.
  5. Suhartono. 2005. Pengembangan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.
  6. Sulistianah, Ahmad Tohir. (2020). Pengaruh Metode Show and Tell Terhadap ketrampilan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di Tk Xaverius 3 Bandar Lampung. Jurnal SeBasa Jurnal Pendidikan dan Sastra Bahasa Vol. 3 (1). https://doi.org/10.29408/sbs.v3i1.2184
  7. Ulfah, Suyadi dan Maulidya. 2013. Konsep Dasar PAUD.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Wildan Ambarani, Pande Kadek. (2019). Penerapan Metode Bercerita Berbantu Media Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak”, e-Journal PG PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol.3 No.1. 2019.
  9. Zaini, Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif.Yogyakarta : Pustaka Insan Madani.
  10. Zain, Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan. 2014. Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rineka Cipta,