PENGARUH BELAJAR VIA WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA LANJUTAN SISWA KELAS 4 SDN 1 TRIHARJO

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Fajar Dwi Gusti
Nureva Nureva
Rachmat Dody Ariesna

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh belajar via whatsapp terhadap kemampuan membaca lanjutan siswa kelas IV SDN 1 Triharjo. Berdasarkan analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, berarti pembelajaran via whatsapp tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca lanjutan siswa hal ini dibuktikan dari hasil analisis data diperoleh bahwa nilai Fhitung 0.026 dengan tingkat Sig. sebesar 0.872 > 0.05. Sehingga Ho diterima dan Ha ditolak. Adapun besarnya pengaruh pembelajaran via whatsapp terhadap kemampuan membaca lanjutan berdasarkan hasil uji hipotesis 0.1%. Saran untuk siswa, Berdasarkan hasil analisis kemapuan membaca lanjutan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang tinggi maka hal tersebut harus ditingkatkan lagi, agar meningkatkan prestasi yang lebih baik. Namun bagi beberapa siswa yang masih memiliki kemampuan membaca lanjutan yang sedang bahkan kurang, menjadi tugas tersendiri untuk siswa, agar lebih meningkatkan semangat belajar di masa pandemi covid-19 ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
Fajar Dwi Gusti, Nureva, N., & Rachmat Dody Ariesna. (2022). PENGARUH BELAJAR VIA WHATSAPP TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA LANJUTAN SISWA KELAS 4 SDN 1 TRIHARJO. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 4(2), 72–77. https://doi.org/10.52647/jep.v4i2.52

References

  1. Afnibar, D. (2020). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan Mahasiswa Dalam Menunjang Kegiatan Belajar. Vol 11 No 1.
  2. Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  4. Heinich, dkk. (1996). Instructional Media and New Technologies of Instruction. Englewood Cliffs, N.J. : Prentice-Hall.
  5. Herpratiwi, H., & Tohir, A. (2022). Learning Interest and Discipline on Learning Motivation. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, 10(2), 424435.
  6. Hindun. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berkarakter di Madrasah Ibtidaiyah/ Sekolah Dasar. Depok: Nufa Citra Mandiri.
  7. Jumiatmoko. (2016). Whatsapp Messenger Dalam Tinjauan Manfaat dan Adab. Wahana Akademika.
  8. Kamil, P.M.,& Nuryadin, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Whatsapp (WA) Group Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem gerak Pada Manusia. Jurnal Life Science Vol 1(1)
  9. Poore, Megan. (2014). Studying And Researcing with Social Media. Los Ageles: Sage Study Skills.
  10. Sahid, HM. (2020). Pengaruh Media Sosial Whatsapp Terhadap Motivasi Belajar di Kabupaten Bogor Wilayah Selatan. Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional Vol 6 (2).
  11. Suryadi, E., dkk. (2018). Penggunaan Media Sosial Whatsapp dan Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Edukasi Islam, Jurnal Pendidikan Islam Vol.07, No. 1, 1-22
  12. Susanti, E. (2016). Glosarium Kosakata Bahasa Indonesia dalam Ragam Media Sosial Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta. Dialeg Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3 (2).
  13. Tohir, A., & Mashari, A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 27 Tegineneng. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23015.
  14. Zarella. (2010). The Social Media Marketing Book. Jakarta: PT Sarambi Ilmu Semesta.
  15. Zuriah, N. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan Mengagas platform Pendidikan Budi Pekerti secara Kontekstual dan futuristik. Jakarta: PT Bumi Aksara.